Membuat Belajar Lebih Menyenangkan
Pola Logo Neutron Yogyakarta
Membuat Belajar Lebih Menyenangkan
Tips Belajar

Membuat Belajar Lebih Menyenangkan

Ada 5 tips yang bisa dilakukan oleh pelajar dimanapun dalam berbagai jenjang yang ingin belajar menjadi lebih menyenangkan.

Oleh Tim Penulis Neutron
25 Juli 2019

“Kok pelajarannya sekarang susah banget, sih?” Apabila teman-teman termasuk yang sering mengeluh demikian, jangan khawatir. Teman-teman tidak sendirian dalam merasakan hal itu. Seiring dengan jenjang pendidikan yang semakin tinggi, tentunya teman- teman akan berhadapan dengan materi pelajaran yang lebih sulit dari yang sudah pernah teman-teman hadapi. Bahkan, untuk berusaha mengerti dan memahami beberapa pelajaran saja bisa menjadi pekerjaan yang menguras energi. Belum lagi, nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang semakin meninggi dan kompetisi yang semakin sengit dengan teman satu sekolah menambah beban pikiran teman-teman semua. Benar begitu, bukan? Kalau teman-teman sedang menghadapi kesulitan dalam belajar, sepertinya perlu berkenalan dengan sosok yang bernama Thomas Frank. Ia adalah lulusan Iowa State University yang menulis buku berjudul “10 Steps to Earning Awesome Grades (While Studying Less)”. Nah, mengenai cara belajar yang menyenangkan, ia memiliki 5 tips yang bisa dilakukan oleh pelajar dimanapun dalam berbagai jenjang. Daripada stres dan jenuh belajar terus-menerus, lebih baik teman-teman menyimak tips dari Thomas Frank terlebih dahulu. Setelah teman-teman selesai membaca, pasti belajarnya akan menjadi jauh lebih menyenangkan. Oke?

1. Munculkan Ketertarikan

Apakah teman-teman tahu kalau ternyata manusia akan merasa jauh lebihsenang dalam mempelajari sesuatu apabila mereka sudah memiliki ketertarikan yang mendalam tentang subjek tersebut? Misalnya saja, teman-teman akan lebih tertarik mempelajari Hukum Bernoulli apabila mengetahui cara pesawat terbang lepas landas, bukan? Sebelum mulai mempelajari sesuatu, teman-teman bisa mencoba mencari fakta menarik tentang pelajaran tersebut. Dengan begitu, teman-teman akan tertarik dengan pelajaran tersebut tanpa paksaan apapun.

2. Pola Pikir “Berkembang”

Salah satu hal yang membuat pelajar di seluruh dunia mudah kehilangan semangat belajar adalah kegagalan. Apakah teman-teman pernah merasa patah semangat ketika mendapat nilai jelek? Kalau pernah, mungkin teman-teman harus sedikit mengubah pola pikir dalam belajar. Menurut Thomas Frank, seharusnya kita menganggap belajar sebagai salah satu cara untuk berkembang. Dengan begitu, apabila kita menjumpai kegagalan, kita akan menganggap itu sebagai salah satu proses untuk berkembang. Pada akhirnya kita tidak akan pernah merasa tidak senang ketika belajar. Menarik, bukan?

3. Jangan Sendirian!

Tips yang ini pasti sudah familiar di telinga teman-teman. Belajar dengan teman dapat membuat waktu belajar kita terasa lebih menyenangkan. Tapi, harus hati-hati juga dalam memilih teman belajar, lho. Jangan sampai teman- teman memilih teman belajar yang justru akan merusak konsentrasi. Selain itu, jangan juga memilih teman yang kecepatan belajarnya jauh melebihi kecepatan belajar teman- teman. Tentunya teman- teman tidak ingin apabila teman belajar tersebut sudah memahami seluruh materi dan siap untuk melanjutkan ke materi selanjutnya sedangkan teman- teman masih kesulitan.

4. Ubah Suasana

Tips yang ini cukup sederhana. Carilah suasana belajar yang akan mendukung gaya belajar. Mungkin teman-teman bisa mencari playlist lagu yang disukai atau membuat kopi susu kesukaan teman-teman untuk diminum sembari belajar. Kalau sudah ditemani lagu dan kopi, pelajaran apapun pasti siap dihadapi!

5. Mini Rewards

Tentunya teman-teman tidak boleh lupa untuk menghadiahi diri di tengah sesi belajar. Mungkin teman-teman bisa membuat kesepakatan dengan diri sendiri untuk dapat menikmati satu scoop es krim kesukaan teman-teman setiap berhasil menyelesaikan satu bab. Kalau tips yang ini sih, siapa yang tidak setuju?

Bagaimana tanggapan teman-teman setelah membaca tips tersebut? Pasti teman- teman sudah tidak sabar untuk memulai belajar, kan? Ketika merasa stres, jangan lupa untuk beristirahat dan bersatai sejenak. Ingat ya teman-teman, belajar itu seharusnya dilandasi keingintahuan yang besar. Dengan demikian, pasti belajar akan terasa menyenangkan setiap saat. Semangat menggapai impian, teman-teman semuanya!